Cara Membuat Daftar Isi atau Sitemap Yang Simpel Dan Mudah Untuk Blogspot

Cara membuat sitemap yang simpel dan mudah untuk blog - kali ini saya akan sedikit berbagi bagaimana cara membuat peta situs atau daftar isi untuk blog. Karena belakangan ini saya mendengar banyak teman-teman blogger terutama pengguna platform blogspot ternyata tiba- tiba tidak muncul atau hanya memunculkan halaman kosong saja. Apakah penyebabnya.....?

Alasan meengapa halaman sitemap pada blog tidak muncul


Ada banyak faktor yang mempengaruhi halaman sitemap tidak muncul diantaranya penggunan java script atau css yang salah saat and membuat halamn peta situs, atau bisa juga terjadi karena pengguaan java script atau css yang di hosting oleh si pembuat telah dihapus. Seperti halnya yang terjadi saat ini demikian banyak terjadi file js yang mereka pakai ternyata sudah tidak aktif lagi.

Jika terjadi demikian dan peta situs anda tiba-tipaba menghilang dan tiduk muncul dan hanya menampilkan halaman kosong maka anda juga bisa  membuat scriptnya sendiri untuk mengganti file js yang hilang atau tidak aktif.

Untuk mengetahui kalau  file js yang dipakai sudah tidak aktif cukup mudah. Pertama silahkan buka script yang anda pakai lalu cari kode pemanggil java scriptnya "contoh  : <script src="https://cdn.rawgit.com/mas-aman/aman-javascript/master/sitemap-simpel1.js" type="text/javascript"></script>" setelah anda temukan script yang mirip dengan yang saya contohkan silahka copy link yang saya tebal kan tesebut lalu buka di browser anda jika masih aktif maka akan memunculkan scrit dan jika tidak aktif maka hanya akan muncul not found. Disitulah yang anda harus di perbaiki.

Jika anda tidak paham bagaimana cara membuat java script maka anda terpaksa harus mecari script untuk membuat halaman sitemap baru karena script yang sebelumnya sudah tidak bisa dipakai lagi. Atau sebagai alternatif silahkan pakai sitemap yang simpel yang akan saya bagikan.

Cara Membuat Halaman Sitemap Yang Simpel Dan Mudah


Seperti yang saya sampaikan diatas  saya akan membagikan cara membuat alaman sitemap atau peta situs yang modelnya sangat simpel dan caranya pun mudah koh. Untuk detailnya Silahkan anda perhatikan di bawah ini.

1. Pertama Silahkan Masuk dashboard blogger anda
2. Silahkan Buka tab Laman lalu buat laman baru, jika sudah pernah membuat laman peta situs tinggal edit saja
3. Buka pada mode html Lalu copykan kode berikut ini:

<br />
<div style="background-color: lightskyblue; border: 1px solid #999999; height: 500px; overflow: auto; padding: 10px; width: 100%;">
<script src="https://cdn.rawgit.com/mas-aman/aman-javascript/master/sitemap-simpel.js" type="text/javascript"></script>
<br />
<ul>
<script src="http://gemmovement.blogspot.com/feeds/posts/default?orderby=published&amp;alt=json-in-script&amp;callback=showrecentposts&amp;max-results=9999">
</ul>
</div>
<br /></script></ul>
</div>

Untuk yang sudah memiliki laman peta situs seblumnnya silah hapu script yang lama terlebih dahulu. 4. Ganti tulisan warna merah dengan url blog anda
5. Simpan dan Publiskan

Cara Membuat Daftar Isi atau Sitemap Yang Simpel Dan Mudah Untuk Blogspot

Contoh hasilnya akan seperti berikut ini : Sitemap

Catatan : Untuk java scriptnya jika ingin lebih nyaman silahkan anda hosting sendiri agar loadnya lebih cepat dan tidak kuatir jika terhapus lagi.

Baca juga artikel : Potensi blog untuk generasi muda

Sekaian artikel singkat dari saya mengenai cara membuat sitemap atau peta situs yang simpel dan mudah. Semoga bermanfaat bagi anda dan terima kasih atas kunjungannya. Happy Blogging !!!

Popular posts from this blog

6 Manfaat di Balik Cobaan Hidup yang Belum Benar-Benar Kau Sadari!

Teks ulasan : Contoh Teks Ulasan, Pengertian dan strukturnya

Peluang dan Cara Memulai Bisnis Online Yang Menguntungkan Bagi Pemula