Peluang dan Cara Memulai Bisnis Online Yang Menguntungkan Bagi Pemula

Cara memulai bisnis online,- Bagi pemula untuk membangun bisnis oline bukan hal yang mudah untuk memulainya. Banyak faktor yang menjadikannya sulit  dari bingung harus mulai dari mana, modal apa saja dan masih banyak faktor yang lainya.

Diluar sana banyak sekali informasi panduan menganeai cara membangun atau memulai bisnis online. Hanya dengan membuka internet banyak tutorial yang akan anda peroleh contohnya mengenai bisnis online terbaru yang lagi happening, bahkan anda juga ada info mengenai bisnis online gratis tanpa modal walaupun benar atau tidaknya belum dipastikan. Yang pasti bisnis apa pun itu pasti membutukan modal entah besar atau pun  kecil.

Ok langsung saja ke pembahasan mengenai cara memulai  atau membangun bisnis online. Kita harus mulai dari mana atau apa saja yang harus di persiapkan agar dapat memulai bisnis online anda...? mengenai hal itu silahkan anda perhatikan panduan dibawah ini.

Cara Memulai Bisnis Online 


#1. Miliki pola pikir yang benar dalam bisnis

Membangun pola pikir yang benar dalam berbisnis online memang bukan hal yang mudah namun hal itu wajib untuk dimiliki. Karena pola pikir anda dalam bisnis ada kaitannya dengan keberlangsungan usaha bisnis anda kedepannya nanti.
Pola pikir seperti apa yang harus anda miliki dan anda lakukan ? berikut ini detailnya :

  1. Berpikirlah sebagai seorang  pebisnis. Jangan beperpikir seperti kayarwan/ buruh yang hanya berpikir bagiamana menjalankan pekerjaan. Selalu berusaha menjalankan bisnis  dan berusaha bagaimana cara usaha bisnis online anda dapat berkembang.
  2. Pastikan usaha bisnis anda dapat berjalan tanpa mengabaikan hal penting lainnya seperti keluarga contohnya.
  3. Bisnis online anda bukan semata-mata sebagai sumber penghasilan namun juga dapat memberi manfaat bagi orantg lain.
  4. Jangan pernah bosan belajar mengasah kemampuan.
  5. Jangan muda menyerah.


cara bisnis online, cara membangun bisnis online, cara memulai bisnis online, peluang bisnis online bagi pemula

cara bisnis online


#2. Persiapkan apa saja yang dibutuhkan sebelum memulai bisnis online

Setelah memiliki pola pikir yang tepat dalam bisnis anda bisa mulai mempersiapkan apa saja yang dibutuhkan agar anda dapat memulai bisnis onlie anda. Berikut ini sedikit gambaran apa saja yang dibutuhkan untu memulai bisnis online :

  1. Modal, usaha apa pun pasti membutuhan modal entah itu besar maupun kecil jumlahnya.
  2. Tentukan segmen pasar yang ingin dijangkau.
  3. Buatlah produk sesuai modal dan segmen pasar yang ingin anda jangkau.
  4. Miliki strategei dan teknik pemasaran.
  5. Ketahui trend bisnis yang sedang berkembang.


#3. Mulai jalankan bisnis online anda

Dalam cara menjalankan bisnis online sendiri itu mencakup bayak hal dari mulai riset produk hingga layanan after sale produk. Di sini saya akan menjelaskan secara singkat mengenai menjalankan bisnis online, silahkan anda simak di bawah ini detatailnya :

Pertama kita mulai dari menciptakan produk, dalam menciptakan produk pasti harus melalui sebuah riset terlebih dahulu mempertimbakan kemampuan modal yang anda miliki serta pasar yang ingin anda raih. Dalam melakukan riset produk ketehaui apa yang sedang trend maupun apa yang dibutuhkan pasar. Jadikan produk anda nantinya merupakan sebuah solusi atas permasalahan yang sedang berkembang di pasar sehingga produk anda akan jauh lebih diminati. Serta jangan lupa ciptakanlah produk yang berkualitas agar tidak menjatuhkan reputasi bisnis anda sendiri nantainya.

Untuk selanjutnya adalah selling  produk, dalam hal ini mencakup tentang promosi produk dan layananan. Membahas mengenai bisnis banyak sarana yang bisa kita pergunakan sebagia media promosi diantaranya adalah sebagai beriut :

  1. Melalui situs jual beli : Olx, Tokopedia, Bukalapak dll
  2. Melalui media sosial : Facebook, Twitter, Intagram
  3. Anda juga bisa memanfaatkan aplikasi chat seperti BBM, Whatsapp, Line, Wechat dll


Saya sarankan anda juga memiliki website selain sebagai sarana promosi juga sebagai identitas  bisnis anda agar lebih dipercaya.

Jangan hanya gencar melakukan promosi saja namun juga berikan layanan yang baik terhadap para pelanggan saat ingin mencari tahau informasi tentang produk anda atau masalah yang dihadapi pelanggan tentang produk anda baik saat ingin membeli atau setelah membeli produk anda.

Kurang lebih seperti itu yang dapat saya sampaikan mengenai cara membangun dan menjalankan bisnis online. Untuk selanjutnya saya akan sedikit berbagi info mengenai peluang usaha bisnis online bagi pemula.

Peluang Bisnis Online Bagi Pemula

Setelah memahami cara memulai bisnis online saya rasa tidaklah lengkap jika belum mempraktekannya. Kali ini saya akan membagikan info peluang bisnis online yang cukup mudah untuk dilakukan bahkan untuk pemula sekalipun bisa melakukannya. Untuk detail infonya silahkan anda perhatikan di bawah ini :

#1. Membuat website atau blog

Membuat website atau blog merupakan sebuah bisnis online yang cukup mudah untuk dilakukan untuk seorang pemula. Anda hanya diharuskan menulis artikel dengan tema tulisan tertentu. Untuk membuat artikel atau menentukan tema tulisan saya sarankan sesuai keahlian atau sesuai hobi anda agar kedepannya tulisan anda tidak berhenti ditengah jalan karena mengalami kebuntuan dalam mencari ide menulis.

Untuk membuat website atau blog cukup mudah anda bisa membuatnya dengan platform gratis maupun berbayar. Beberapa platform berikut bisa anda gunakan untuk membuat website : Wordpress , Blogger, Tumbler dan masih banyak lagi platform yang lainnya. Jangan lupa dalam mengelola blog atau website belajarlah teknik SEO ini untuk kemajuan website anda.

Membahas mengenai bisnis tidak terlepas dari penghasilan atau keuntungan yang ingin diraih. Dari mana anda mendapat keuntungan dengan membuat website...? Tenang saja website anda bisa mendatangkan keuntungan atau pengahasilan ketika berhasil mendatangkan banyak pengunjung. Anda bisa memonetize website anda untuk memperoleh penganhasilan dengan banyak cara. Berikut ini contohnya :

  1. Pasang iklan PPC : Adsense, Chitika, Kliksaya, dll
  2. Pasang iklan mandiri
  3. Iklan afiliasi
  4. Jasa reiew produk
  5. Dll


#2. Membuka toko online

Anda bisa membuka toko online dengan website anda. Kali ini website anda akan dikhususkan untuk menjual produk. Yang anda jual adalah produk fisik, anda bisa beinovasi meciptaan produk sesuai keahlian anda. Anda juga bisa mempromosikan produk anda dengan berbagai media yang saya bahas di atas.

Dalam hal ini untuk membuka toko online cukup membutuhkan modal lumayan besar karena hal ini berpengaruh terhadap pengadaan produk entah itu membuat produk sendiri atau reseller produk orang lain. Namun anda tidak perlu kuawatir bagi anda yang memiliki keterbatasan modal biasa memasarkan produk orang lain yang menyediakan sistem dropsip. Anda cukup memasarkan produk saja dan pengeriman produk bisa diatas namakan nama bisnis anda tanpa repot harus memikirkan pengadaan barang, paking maupun pengirimannya.

#3. Menjadi Youtuber

Ini salah satu bisnis online yang cukup muduh untuk dilakukan. Salah satu jenis bisnis yang bisa anda tekuni dan anda jadikan hobby. Yang anda lakukan cukup dengan membuat video dan mengunggahnya ke situs youtube lalu anda bisa memonitize video anda dengan adsense. Perlu diperhatian sembelum memulai pahami terlebih dahulu peraturan dan kebijakan baik youtube maupun google adsense agar kedepannya tidak terjadi pelanggaran kebijakan.

#4. Bermain atau mengumpulkan bitcoin

Bitcoin merupakan salah satu jenis mata uang virtual. Bermain bitcoin untuk saat ini sangatlah menguntukangkan karena saat artikel ini dibuat 1 bitcoin = Rp.35.796.200,- cukup menggoda bukan nilai tukarnya.

Bagaimana cara memperoleh bitcoin...? tenang saja banyak cara untuk memperoleh bitcoin. Berikut ini saya bagikan beberapa cara mendapatkan bitcoin.


  1. Menambang / mining bitcoin : anda bisa menggunakan alat mining atau dengan menyewa cloud ming untuk bisa menambang bitcoin. Banyak penyedia jasa penyewaan cloud mining seperti genessis mining, hashsing24, eobot dll
  2. Bermain game android dan dibayar dengan bitcoin berikut nama gamenya blockchain game, Alien Run anda bisa bisa mendownloadnya gratis di playstore
  3. Bila memiliki modal anda biasa ikut jual beli bitcoin aatau treading.
  4. Monetize website dibayar dengan bitcoin : a-ads.com, adstera, coinurl.com dll

Catatan: untuk mengumpulkan bitcoin yang anda miliki terlebih dahulu anda harus memiliki wallet atau dompet bitcoin. Untuk memenbuatnya anda bisa mendaftar melalui bitcoin.co.id, coiunbase, xapo, blockchain, dll.

#5. Membuka jasa penulis artikel

Membuka jasa penulis artikel untuk website. Bisnis onliune ini berhubungan dengan keahlian menulis. Tidak sekedar menulis namun anda harus memahami teknik menulis yang benar dan memiliki wawasan yang luas. Anda bisa bisa menawarkan jasa menulis anda melalui fiver, forum ads.id atau anda bisa menawaran secara langsung kepada para pemilik situs.

Sekian informasi yang dapat saya sampaikan mengenai cara bisinis online, mulai dari cara membangun bisnis online dan beberapa contoh peluang bisnis online. Semoga dapat bermanfaat dan selamat memulai bisni online anda. Terima kasih atas kunjungannya.

Comments

Popular posts from this blog

6 Manfaat di Balik Cobaan Hidup yang Belum Benar-Benar Kau Sadari!

Teks ulasan : Contoh Teks Ulasan, Pengertian dan strukturnya