Pidato Bahasa Indonesia ( contoh teks pidato, pengertian dan strukturnya )

Pidato bahasa indonesia,- Dalam pelajaran bahasa indonesia pidato merupakan materi yang penting untuk di pelajari. Mengapa demikian ? karena dalam berpidato dapat diketahui kemampuan seseorang dalam berbicara maupun berbahasa. Selain itu  pribadi seseorang juga dapat dilihat dari bagaimana ia berbicara maupun bagaimana menata bahasa yang ia pakai.

Pengertian Pidato

Pidato adalah sebuah sususnan ucapan yang terangkai secara rapi yang disampaikan di depan publik yang biasa dipergunakan untuk memberikan sambutan atau yang lainnya.

Tujuan dan Fungsi Pidato

Adapun dalam sebuah pidato memiliki tujuan dalam penyampaiannya, diantaranya adalah sebagai beriout ini :

- Mempengaruhi atau mengajak orang lain terhadap suatu gagasan.
- Menyampaikan informasi atau memberikan sebuah pemahaman.
- Memberikan hiburan bagi para pendengar.

Jenis Pidato

Berikut ini merupakan jenis pida dibedaakan berdasaran sifat isi pidato yang dioasampaikan.
- Pidato pembukaan - adalah bsebuah pidato singkat yang biasa dibawakan oleh seorang pembawa acara.
- Pidato pengarahan - Sebuah pidato yang biasa dipergunakan sebagai pengarahan atau penyuluhan pada sebuah pertemuan.
- Pidato sambutan  - pidato singkat yang dilakukan secara bergantian oleh beberapa orang pada sebuah acara tertentu.
- Pidato Peresmian – Pidato yang dipergunakan untuk meresmikan sesuatu dan biasanya dilakukan oleh orang yang cukup berpengaruh / orang penting.
- Pidato Laporan dan Pertanggungjawaban – pidato ini biasanya berisikan laporan hasil sebuah kegiatan

Metode Penyampaian Pidato

- Metode menghafal- pidato yang disampaikan telah dihafal sebelumnya
- Metode serta merta – pidato yang disampakaikan tanpa sebuah perencanaan hanya mengendalkan wawasan maupun pengalaman yang dimiliki.
- Metode naskah- pidato yang penyampaiannya dengan membaca sebuah naskah atau teks pidatao yang telah disusun seblumnya.

Struktur atau Kerangka Susunan Pidato

- Pembukaan - salam pembuka bisa juga ditambahkan dengan pendahuluan mengenai gambaran isi pidato.
- Isi pidato – merupakan dari inti dari pidato, pembahasan lengkap mengenai isi
- Penutup – kesimpulan dan harapan yang ingin dicapai, pesan serta tidak lupa salam penutup.

pidato bahasa indonesia, contoh teks pidato singkat
pidato bahasa indonesia

Contoh Teks Pidato Singkat Bahasa Indonesia


Dalam pembahasan mengngenai pidato saya rasa tidaklah lengkap jika tidak menyertakan contoh teks pidato itu sendiri. Guna melengkapi hal tersebut berikut ini saya lampirkan beberapa contoh teks pidato singkat bahasa indonesia. Berikut ini daftar lengkanya :

Teks pidato tentang pendidikan
Contoh pidato tentang lingkungan sekolah
Contoh pidato singkat tentang pergaulan remaja
Pidato bahasa indonesia tentang perpisahan sekolah

Ok langsung saja silahkan anda simak baik – baik beberapa contok teks / naskah pidato berikut ini.

1.Teks Pidato tentang Pendidikan

Assalamualaikum Wr. Wb.

Hadirin yang saya hormati, pada kesempatan kali ini pertama – tama marilah kita ucapklan rasa syukur kepada Allah SWT atas segala rahmat dan nikmat yang telah diberikan sehingga kali ini debiri kesempatan untuk untuk bertemu dan merayakan hari pendidikan nasional di tempat ini.

Hadirin yang berbahagia, Sesunggungnya ilmu hanyalah milik Allah SWT. Sesunggunya ilmu yang kita miliki hanyalah sebuah titipan, jadi  tidaklah pantas jika tidaklah pantas kita sombong atas itu semua. Maka syukuri ilmu yang kita miliki dan perguinakanlah dengan baik.

Hadirin yang saya hormati, Mencari ilmu sangatlah penting, dengan mmiliki ilmu kita akan memperoleh kemudahan dalam melanghkah. Mencari ilmu tidak tidaklah ada batas usia teruslah mencari ilmu agar kita tidak buta dan salah dalam melangkah. Pergunakanlah ilmu untuk hal yang positif agar bisa mendatangkan manfaat. Dan janganla lupa berterima kasih kepada para pengajar yang senantiasa menularkan ilmunya.

Mungkin hanya sekian yang dapat saya sampaikan, janganlah pernah bosan mencari ilmu serta janganlah lupa bersyukur atas ilmu yang kita miliki. Semoga kita selalu diberi kemudahan dalam mencari ilmu yang bermanfaat...amin

Wassalamualaikum Wr. Wb.

2.Contoh Pidato Tentang Lingkungan Sekolah

Assalamualaium Wr. Wb.

Puji syukur marilah kita panjatkan kepada Allah SWT atas segala nikmat yang telah diberikan hingga kita semua dapat berjumpa pada kesempatan yang berbahagia ini. Saya ucapkan terima kasih kepada bapak ibu guru yang telah hadir serta rekan-rekan semua.

Hadirin yang saya cintai, Lingkungan sekolah yang nyaman menjadi salah satu alasan penting bagi kita selalu betah dan antusias mengikuti proses kegiatan belar mengajar di sekolah ini. Maka tidaklah bijak jika kita tidak merawat dan menjaganya agar selalu nyaman. Karena kita semualah yang setiap harinya berjumpa di seolah tercinta ini.

Lingkungan sekolah harusnya selalu terlihat bersih, rapi , sejuk sehingga nyaman saat dilakukan proses belajar mengajar. Oleh  karena itu semua perlu ditingkatkan kesadaran akan kebersihan lingkungan sekolah kita. Ini semua adalah tanggung jawab kita bersama, mulailah dari hal-hal kecil seperti buang sampah pada tempatnya di setiap kelas pun telah disediakan.

Sekian yang dapat saya sampaikan semoga dapat bermanfaat. Selalu ingat pentingnya menjaga dan merawat linggkungan toh kita sendiri yang akan merasakan manfaatnya. Terima kasih.

Wassalamualaikum Wr. Wb

3. Contoh Pidato Singkat Tentang Pergaulan Remaja

Assalamualaikum Wr.Wb.

Pertama-tama marilah kita panjatkan puji syikur ke hadirat Allah SWT atas segala nikmat yang diberikan berupa nikmat shat sehat nikmat sempat sehingga kita dapat berkumpul pada kesempatan kali ini.

Terima kasih kepada hadirin yang telah menyempatkan hadir pada siang hari ini, semoga apa yang akan saya sampaikan ini akan mendatangkan manfaat nantinya.

Usia remaja adalah tahapan usia dimana  langkah awal menentukan masa depan mencari jati diri. Oleh sebab itu pada usia tersebut harus benar berhati-hati dalam pergaulan lingkungan maupun memilih pendidikan. Jangan sampai usia remaja terbuang sia-sia pada hal-hal yang kurang bermanfaat. Gunakan waktu secara efektif pada kegiatan yang bermanfaat yang bisa dipergunakan sebagai bekal masa depan nanti.

Jika mengginkan masa depan yang lebih baik maka mulai dari sinilah harus sudah mulai ditata mulai dari pergaulan, hindari pergaulan bebas. Pilih pendidikan sesuai minat agar selalu semangat dan atusias menjalaninya. Dan yang tidaklah boleh dilupakan selalu dekatkan diri pada yang di atas hormati orang tua. Perlu diingat masa depan kita kitalah yang tentukan jadi seperti kalian nanti trgantung langkah dan niat yang kalian ambil.

Sekian sepatah dua patah kata yang dapat saya sampaikan, semoga dapat mbermanfaat bvagi kita semua. Terima kasih atas waktunya.

Wassalamualaikum Wr.Wb.

4. Pidato Bahasa Indonesia Tentang Perpisahan Sekolah

Assalamualikum Wr.Wb.

Hadirin yang saya hormati, pertama-tama marilah kita panjatkan puji syukur kepada Allah SWT. Karena atas izinNya kita masih bisa berkupul dalam acara perpisahan sekolah ini.

Saya mewakili semua siswa mengucapkan banyak terima kasih kepada semua hadirin yeng telah menyempatkan waktunya untuh hadir pada acra ini. Dan saya juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang terlibat pada penyelenggaraan ini.

Hadirin yang saya hormati, tidak terasa waktu berlalu begitu cepat hingga berlangsungnya acra perpisahan ini. Gerbang masa depan dan langkah baru akan segera dijumpai. Di sinilah kenangan dan banyak ilmu kami bperoleh sebagai bekal masa depan kami nantinya.

Kami mengucapkan banyak terima kasih kepada bapak ibu guru yang telah sabar mendidik kami, menularkan ilmu kepada kami, dan meberi bekal bagi masa depan kami. Kami juga mohon maaf jika selama belajar disini ada perilaku kami yang kurang berkenan baik yang kami sengaja maupun tidak kami sengaja. Jujur kami tidak bisa membalas semua jasa pengabdian bapak ibu guru semua, kami hanya bisa mengucapkan banyak terima kasih dan kami doakan agar selaulu diberi balasan yang terbaik atas pengabdian bapak ibu semua.

Kurang lebihnya itu yang dapan saya sampaikan. Ada pertemuan pasti ada perpisahan, namun ini bukanlah akhir dari semuanya semoga silaturahmi tetap selalu terjalin. Sekali lagi saya ucapkan terima kasih atas semuanya dan kami mohon doa restunya semoga kami berhasil meraih mimpi-mimpi kami. Amin

Wassalamualaikum Wr.Wb.

Sekian informasi singkat mengenai Pidato Bahasa Indonesia. Dalam pembahasan diatas saya rasa sudah cukup lengkap mulai dari pengertian pidato, tujuan danfunsinya, jenis pidato hingga struktur maupun metode penyampaiaannya dan beberapa contoh teks pidato singkat. Semoga artikel di atas dapat bermanfaat. Terima kasih atas kunjungannya.

Comments

Popular posts from this blog

6 Manfaat di Balik Cobaan Hidup yang Belum Benar-Benar Kau Sadari!

Teks ulasan : Contoh Teks Ulasan, Pengertian dan strukturnya

Peluang dan Cara Memulai Bisnis Online Yang Menguntungkan Bagi Pemula