#4 Hal Yang Harus Dihindari Ketika Berbisnis Memanfaatkan Media Sosial

4 hal yang harus dihindari ketika berbisnis memanfaatkan media sosial,-  Media sosial facebook paling banyak digunakan, 75% orang dewasa menggunakan media sosial tersebut dan sisanya menggunakan media sosial lain seperti twitter, instagram, dll. Media sosial merupakan sarana promosi yang cukup efektif menjangkau banyak pelanggan tanpa harus terkendala jarak maupun waktu.

Perlu anda ketahui 97% pelanggan anda sangat terpengaruh oleh media sosial  untuk menentukan sebuah pembelian produk. Maka dari itu anda harus menciptakankan image yang berkualitas pada brand bisnis maupun produk yang anda jual.

Ok langsung saja kembali ke topik mengenai hal yang harus dihindari ketika berbisnis memanfaatkan media sosial sebagai promosi. Untuk detailnya silahkan anda cermati sajian berikut.

Hal Yang Harus Dihindari Saat Berbisnis Menggunakan Media Sosial Sebagai Sarana Promosi


#1 Terlalu banyak promosi produk melalui media sosial

Bukankah kita harus mempromosikan produk kepada para pelanggan? Memang kita harus mempromosikan produk kita kepada para pelanggan namun harus sesuai porsinya. Mengapa harus demikian, dikarenakan pelanggan pun akan jenuh melihat lalu lalang produk terus menerus.

Lalu bagaimana cara mempomosikan produk yang tepat itu ? begini anda silahkan pomosi produk secara natural dan konsisten diselinging dengan berbagi tips kepada para pelanggan mengenai tips penggunaan produk lainya atau tips-tips lainya yang berkaitan dengan brand bisnis produk anda. Dengan begitu selain menghilangkan kejenuhan yang dihadapi para pelanggan selain ituanda juga berinteraksi dengan para pelanggan anda. Pada akhrinya efeknya pun akan lebih baik pada after sale produk anda.

Tips Bisnis 4 Hal Yang Harus Dihindari Ketika Berbisnis Memanfaatkan Media Sosial
tips bisnis by contoh belajar

#2 Salah memanfaatkan moment atau Trend

Untuk hal yang harus dihindari selanjutnya dalam pemanfaatan media sosial dalam berbisnis adalah tidak bisa melihat moment atau trend yang sedang berkembang. Kalau anda tidak bisa melihat peluang tersebut anda akan rugi karena sedang ada pasar yang cukup menguntukan dalam melakukan promosi.

Mengikuti sebuah moment atau trend bisa dilakukan sebagai bentuk promosi yang cukup menarik. Anda bisa membuat meme yang menarik atau kutipan menarik yang sesuai trend yang berkembang dan berkaitan dengan produk bisnis anda lalu share di media sosial. Pastikan antara produk anda dan konten yang anda buat saling berkaitan agar bisa melakukan pendekatan kepada calon para pelanggan dan bukan malah menjatukan brand produk bisnis anda.

#3 Posting Kurang Konsisten

Kurang konsisten dalam posting produk anda akan menurunkan citra brand produk anda. Konsistensi postingan promosi produk mempengaruhi nilai keterlihatan produk anda terutama pada media sosial facebook.

Jangan melakukan posting saat sempat saja, lakukanlah secara konsisten agar selalu nampak keterlihatan produk anda dan menarik minat para pelanggan. Namun jangan lakukan postingan tiba-tiba secara membabi buta agar tidak dikira spamming oleh media sosial yang anda pakai dan tidak mengganggu pelanggan pula.

Keutungan dengan melakukan postingan secara konsisten dapat meningkatkan cita brand produk anda. Selain itu anda juga bisa mengukur seberapa ketertarikan pelanggan terhadap produk bisnis yang anda miliki.

#4 Buruknya Layana Pelanggan

Buruknya layanan kepada para pelanggan akan mendatangkan dampak negatif pada produk anda. Dan yang paling buruk adalah hilangnya para pelanggan. Maka dalam media sosial juga diperlukan layanan pelanggan yang baik.

Ketersedian layanan pelanggan yang baik pada media sosial sangatlah diperlukan. 90% pelanggan berkomunikasi menggunakan media sosial untuk berkomunikasi. Mereka menggunakan media sosial untuk berkonsultasi mengenai produk yang anda jual sebelum membelinya.

Selain itu perlunya layanan pelanggan adalah untuk after sale produk anda. Menangani komplain maupun keluhan para pelanggan, selain itu anda juga bisa mengetahui testimoni para pelanggan anda. Dengan anda melakukan layanan yang baik maka rasa kepercayaan para pelanggan kepada brand produk bisnis anda pun akan meningkat.

Kesimpulan: Untuk menciptakan bisnis yang behasil dengan pemanfaatan media sosial sebagai sarana promosi. Yang pertama Anda harus selalu konsiten melakukan promosi produk tanpa mengganggu kenyamanan pelanggan selanjutnya pintar mengetahui momen atau trend. Yang terakhir ciptakan layanan pelanggan yang baik.

Sekian tips bisnis singkat dari kami mengenai “ 4 hal yang harus dihindari ketika berbisnis memanfaatkan media sosial”. Semoga sajian singkat di atas dapat bermanfaat. Terima kasih atas kunjungannya.

Comments

Popular posts from this blog

6 Manfaat di Balik Cobaan Hidup yang Belum Benar-Benar Kau Sadari!

Teks ulasan : Contoh Teks Ulasan, Pengertian dan strukturnya

Peluang dan Cara Memulai Bisnis Online Yang Menguntungkan Bagi Pemula