Cara Mudah Mendapatkan Kedamaian Batin Paling Efektif

Cara mudah mendapatkan kedamaian batin,- Jika kamu sedang jenuh dan capek banget dengan kedaan sekitarmu, jangan tinggal diam saja. Kalau kamu terus terjebak dalam situasi seperti itu, mental kamu bisa jatuh, akibatnya buruknya kamu jadi nggak semangat lagi buat menjalani kehidupan. BIG NO!

Apakah kamu sadar bahwa kesehatan mental kamu perlu dijaga? Pernah nggak kamu merasakan, ketika kamu sedih atau stress berat, berujung pada kamu sakit secara fisik? Itu karena kesehatan mental kamu juga berpengaruh pada kesehatan tubuh kamu. Untuk menjaga kesehatan mental dan fisikmu, kamu bisa melakukan aktivitas yang bisa membuat membuat batinmu tenang dan damai. Check it out!

Cara Mendapatkan Kedamaian Batin


1. Bersyukur Atas Apa Yang Kamu Miliki.

“Bersyukur atas apa yang kamu miliki”, kalimat ini udah sering banget kamu dengar di artikel atau seminar yang mengangkat tema motivasi. Ya, memang kalimat ini 100% tepat. Kamu memang harus banget bersyukur dengan apa yang kamu miliki sekarang. Dari keluarga, sahabat, bahkan benda-benda yang kamu gunakan sehari – hari pun kamu patut mensyukurinya.

Hidup itu jangan melulu mengeluhkan apa yang kamu tidak miliki. Bersyukurlah untuk hidup kamu sekarang karena mungkin saja kehidupan yang sedang kamu keluhkan itu adalah kehidupan yang sedang diharapkan oleh orang lain. Be grateful!

2. Berpikir Positif.

Berpikir positif memiliki banyak manfaat yang baik untuk mental kamu. Manfaat yang jelas adalah, dengan berpikir positif kamu dapat membangun mental dan fisik yang kuat. Dalam menghadapi masalah, kamu yang memiliki pikiran positif akan bisa menemukan jalan keluar dari masalah tersebut dengan mudah.

Selain itu, hidup kamu bisa jadi lebih terarah dan fokus. Dengan keoptimisan, kamu jadi bisa tau bagaimana menjalani kehidupan dengan baik. Percayalah, berpikir positif itu efeknya sangat menyenangkan. Kamu harus ubah mindset-mu. Semangat!

Cara Mudah Mendapatkan Kedamaian Batin Paling Efektif, cara mendapatkan ketenangan jiwa

cara-mendapatkan-ketenangan-jiwa


3. Hang-out Bersama Sahabat.

Pergi jalan-jalan sama sahabat-sahabatmu adalah obat paling mujarab sedunia. Iya nggak? Karena kamu bisa dengan leluasa cerita-cerita tentang apa yang terjadi di sekitar kamu. Kamu bisa bercanda dengan leluasa bareng mereka.

Pasti senang jika kamu bisa berkumpul dengan orang-orang yang sangat mengerti tentang keadaanmu bukan? Kegiatan ini bisa membawa energi positif untuk mental dan tubuh kamu loh, guys. Sesibuk-sibuknya kamu, luangkan waktumu untuk sahabat-sahabatmu. Mereka juga bisa jadi sumber motivasi kamu, guys.

4. Bebaskan Dirimu.

Sediakan waktu bebas untuk dirimu sendiri. Waktu di mana kamu bisa melakukan apa yang ingin kamu lakukan, waktu di mana kamu bebas menjadi dirimu sendiri, waktu di mana kamu bisa keluar dari rutinitas kamu yang membosankan. Semua organ tubuhmu perlu mendapatkan waktu tenang dan waktu beristirahat. Sediakankan lah waktu khusus untuk tubuhmu.

5. Bacalah Buku. 

Baca buku, hayo siapa nggak suka baca buku?  Mulai sekarang, cobalah untuk mulai membaca buku, guys. Kamu tahu nggak, membaca itu termasuk aktifitas yang dapat mengurangi stress loh! Dengan membaca kamu bisa mengalihkan fokus sejenak pada bacaan yang sedang kamu baca, hal ini bisa membuat pikiranmu bisa jadi lebih rileks.

Jika belum terbiasa membaca buku yang tebal, mulailah dengan membaca artikel di koran atau majalah. Selain mendapakan sensasi rileks, kamu juga bisa dapat pengetahuan atau informasi dari bacaan kamu kan. Biasakan membaca buku ya guys.


6. Makan Makanan Sehat Dan Bergizi.

Nah, untuk makanan sehat ini jelas banget memberikan manfaat yang baik untuk tubuh kamu. Kalau kamu memiliki tubuh yang sehat, tentunya dalam melakukan aktifitas kamu jadi lebih bugar dan semangat. Selain itu, jika kamu rajin makan makanan yang sehat, kamu bisa terhindar dari berbagai macam penyakit. Terapkan pola hidup sehat dengan konsep 4 sehat 5 sempurna, makan nasi, sayur-mayur, lauk pauk, buah-buahan, dan susu. Sayangi tubuhmu ya guys!


7. Tidur Yang Cukup.

Hayo, siapa yang suka begadang? Seperti lagu Roma Irama, “Begadang jangan begadang kalau tiada artinya. Begadang boleh saja, kalau ada perlunya.” Ini liriknya bener banget, guys.

Jaman sekarang ini banyak banget orang-orang yang begadang tanpa ada artinya, itu nggak baik buat kesehatan fisik dan mental kamu. Tidur dengan waktu yang cukup itu punya banyak manfaat untuk kamu guys. Kita jadi lebih segar di pagi hari, lebih produktif dan aktif dalam berkarya, bahkan dengan tidur yang cukup ini bisa meningkatkan daya ingat kamuloh! So,stop begadang yang tidak berarti, milikilah hidup yang sehat!


8. Tersenyumlah Pada Semua Orang. 

Kamu tahu nggak kalau senyum manismu itu bisa memancarkan energi positif untuk setiap orang yang kamu temui? Nah, kalau kamu jarang senyum, sekarang jangan malu untuk tersenyum pada setiap orang yang kamu temui. Senyum memiliki banyak manfaat untuk kamu guys! Bahkan nggak cuma untuk kamu, orang yang melihat kamu tersenyum pun bisa merasakan manfaatnya juga!

Senyum kamu ini bisa menular ke orang lain, nggak percaya? Coba kamu senyum ke orang di sekitarmu, pasti mereka juga senyum ke kamu. Hihihi... Pasti senangkan, apabila kamu bisa membuat orang di sekitarmu bisa tersenyum.

9. Mendengarkan Musik Klasik / Instrumental.

Mendengarkan musik klasik bisa membuat pikiranmu jadi lebih longgar dan rileks. Coba kamu dengarkan musik klasik sendirian di kamar dengan mata tertutup. Kamu pasti akan merasa lebih rileks, lama kelamaan kamu bisa tertidur dengan sendirinya.

Saat kamu penat dengan rutinitas yang membosankan, ketika weekend tiba, cobalah untuk menenangkan dirimu dengan mendengarkan musik klasik. Contoh dari musik klasik adalah karya-karya musisi legendaris dunia yaitu Mozart, Bach, Beethoven, dan Chopin. Rilekskanlah pikiranmu sesaat.


10. Bermainlah Dengan Alam.

Bermainlah bersama alam, untuk sejenak tinggalkan lah semua gadget-gadget mu. Rasakan sehari tanpa gadget, sehari tanpa buka FB, twitter, Path, Line, Whatsapp, snapchat, dan juga instagram. Tahan hasrat kamu untuk jepret-upload-jepret-upload.

Biarkan alam mengambil alih tempat gadget kamu. Kamu perlu ingat bahwa kamu ini termasuk bagian kecil dari alam semesta ini. Biarkanlah alam semesta berkoneksi dengan dirimu, agar kamu juga bisa merasakan keindahannya dalam dirimu.


11. Dekatkan Diri Pada Tuhan.

Jika kamu sering kali merasakan kekosongan dengan dirimu, tapi kamu tidak tahu apa itu, kamu harus menyadari bahwa tempat kosong dalam dirimu itu adalah tempat di mana Tuhan berada. Sering kali rutinitas kamu itu membuatmu jarang bertegur sapa dengan Tuhan, bahkan saking sibuknya kamu pun bisa lupa. Cobalah perbaiki komunikasi dengan Tuhan, dekatkan dirimu pada Tuhan. Ketika kamu berdoa pada Tuhan, kamu akan mendapatkan kedamaian yang ajaib, yang kamu nggak bisa njelasin.

Inner Peace atau kedamaian batin ini bisa membantu memperbaiki mentalmu yang sedang jatuh. Jika kamu menerapkannya dalam hidupmu, percaya guys, kehidupan kamu pasti akan membaik.  Jika kamu sudah memiliki kehidupan yang lebih baik, pasti kamu juga akan lebih bersemangat dalam menjalani kehidupan kan? Jadi, jangan cuma dibaca aja ya guys, kamu perlu mempraktikannya juga. Jangan pasrah dan menyerah gitu aja sama persoalan hidup. Semoga berhasil ya, guys!

Comments

Popular posts from this blog

6 Manfaat di Balik Cobaan Hidup yang Belum Benar-Benar Kau Sadari!

Teks ulasan : Contoh Teks Ulasan, Pengertian dan strukturnya

Peluang dan Cara Memulai Bisnis Online Yang Menguntungkan Bagi Pemula